-->

Cari tulisan / Find an article

Sunday 24 April 2011

Belajar Membuat Website Berbasis Wordpress

Terasa lama juga tidak mambuat artikel baru di blog yang sangat simple ini. Ya, mungkin karena saat ini aku memiliki banyak waktu luang sehingga terasa asing jika tidak melakukan sesuatu yang baru. Well kali ini aku pengen berbagi tentang apa yang aku lakukan beberapa waktu yang lalu. Yaitu…. Aku mencoba membuat sebuah website berbasis Wordpress, dengan domain gratis dari www.CO.CC dan hosting gratis di www.000webhost.com. Sedikit berbagi saja, mungkin ada di antara teman teman yang belum tahu domain dan hosting. Domain itu ibarat alamat rumah. Di RT berapa, RW berapa, desa mana, kecamatan mana. Intinya domain adalah alamat dari sebuah situs yang kita buat. Nah, sedangkan hosting adalah tempat (kavling) rumah kita berada. Domain adalah alamatnya, sedangkan hosting adalah bentuk fisiknya. Seperti itu gampangnya.
Okey, hal yang pertama aku lakukan adalah mendaftarkan sebuah nama untuk domain di www.CO.CC. Caranya sangat mudah, check it out.
1. Langsung aja ke TKP, www.CO.CC di sana akan ada kotak untuk memasukkan nama domain dengan format www.namadomain.co.cc. Nama domain adalah nama yang kita pilih. Boleh apa saja. Nama domain ini yang akan menjadi alamat dari website yang kita buat nantinya.
2. Cek ketersediaan nama dengan meng-klik “check availability”. Kalau masih tersedia maka akan ada pemberitahua perwarna hijau, kalau sudah terpakai pemberitahuannya berwarna merah.
3. Kalau nama domain sudah didapat, langkah selanjutnya adalah melanjutkan regristrasi. Klik saja tombol “continue to registration”. Kita akan di bawa ke halaman baru, yang di sana kita akan diminta untuk mengisikan email dan password.
4. Kalau kita belum memiliki akun, klik saja link di bawah form “create an account now”.
5. Berikutnya mengisi kotak informasi. Isikan sesuai dengan data diri. Pokoknya diisi sampai selesai. Lalu log in dengan email dan password yang tadi kita buat.
6. Kalau sudah jadi, langkah yang paling penting adalah men-setup domain kita sebelum 24 jam. Karena, kalau domain kita tidak kita set up maka domain kita akan dihapus. Langsung saja klik set up.
7. Lalu klik pilihan pertama”manage DNS”. Untuk sementara, sebelum kita memiliki hosting di www.000webhost.com isikan ns01.000webhost.com untuk server yang pertama. Dan ns02.000webhost.com untuk server di bawahnya. Server ini nanti akan kita sesuaikan dengan server yang kita dapat setelah mendaftar hosting di www.000webhost.com
Nah, selesai sudah langkah pertama untuk membuat sebuah website, tinggal melanjutkan langkah berikutnya yaitu mendaftar hosting gratis di www.000webhost.com . Untuk mengikuti langkah sederhana ini, tunggu posting berikutnya ya… aku sudah capek nulis. He he he. See U later guys…

No comments:

Post a Comment

Give me a feed back please....